Total Tayangan Halaman

Jumat, 24 Februari 2012

TUGAS KKPI


Komoditas tanaman di PT Rumpun Sari Medini adalah tanaman Teh 
. Pembibitan
Pembibitan dilaksanakan bertujuan untuk mendapatkan bibit yang baik. Karena bibit yang baik sangat menentukan terhadap keberhasilan penanaman dilapangan dan dapat menjamin produksi yang tinggi.
Berdasarkan cara pengembangannya maka pembibitan pada kebun teh dibagi menjadi 2, yaitu:
  1. Pembibitan teh asal biji (generatif), yaitu pembibitan yang menggunakan biji dari pohon teh sebagai calon tanaman  bagi kebun teh yang hendak dibangun.
  2. Pembibitan teh asal stek daun (vegetatif), yaitu pembibitan yang menggunakan stek daun sebagai bibit untuk kebun teh yang hendak dibangun. 
Penanaman yaitu kegiatan untuk memindahkan  bibit yang telah siap salur dari lokasi pembibitan ke areal penanaman untuk ditanamkan. Penanaman pohon teh sebaiknya dilakukan pada musim penghujan (November s/d Desember). S
 Perawatan Tanaman Belum Menghasilkan (TBM)
Tanaman belum menghasilkan (TBM) merupakan tanaman yang dalam tahapan sejak tanaman selesai ditanam sampai tanaman memasuki masa panen pertama. . 
Perawatan Tanaman Menghasilkan (TM)
Tanaman menghasilkan adalah tanaman yang sudah dapat dipanen/diambil hasilnya. Kegiatan perawatan TM adalah setiap kegiatan yang mendukung produktivitas tanaman.
Jenis pemetikan
Jenis pemetikan yaitu macam pemetikan yang dilakukan selama daur pangkas yang di mulai setelah tanaman teh di pangkas sampai tiba pangkas berikutnya. Jenis pemetikan ada 3 macam, yaitu pemetikan jendangan, pemetikan produksi, dan pemetikan gendesan/rampasan.
  1. Pemetikan jendangan adalah pemetikan awal setelah tanaman dilakukan pemangkasan. Dilakukan sekitar 2-3 bulan setelah pangkas dan dan jika 60% areal sudah tumbuh tunas setinggi 15-20 cm atau sekitar 60-70 cm dari permukaan tanah.
  2. Pemetikan produksi adalah pemetikan yang dilakukan setelah pemetikan jendangan yang dilakukan secara terus menerus dengan daur petik tertentu sampai menjelang dilakukan pemetikan gendesan atau menjelang tanaman dipangkas.
  3. Pemetikan gendesan/rampasan adalah pemetikan yang dilakukan menjelang tanaman dipangkas. Pemetikan ini dilakukan untuk memanfaatkan tunas-tunas dan daun-daun muda pada tanaman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar